Oleh: denysutani | Juni 30, 2008

Validasi di PHP

Di PHP ada beberapa cara untuk memvalidasi inputan. Salah satu caranya adalah menggunakan ereg. Di bawah ini adalah beberapa contoh code untuk memvalidasi inputan yang umum digunakan.

– validasi telpon

<?php
function cekTelepon($telp)
{
$pattern = “^([0-9]{3,4})( )?(\-)?( )?([0-9]{6,8})$”;
if (!ereg($pattern, $telp)) return false;
else return true;
}
?>

Dengan code diatas inputan harus berupa  xxx-yyyyyy (x nya sejumlah 3-4 angka, dan y sejumlah 6-8 angka).

– validasi tanggal

Untuk validasi tanggal dapat digunakan function checkdate(month,day,year). Hal ini digunakan untuk mengecek apakah inputan tanggal yang dimasukkan user valid apa tidak, misalnya 30 Februari adalah tidak valid.

Berikut contoh codenya.

<?php
function cekTanggal($month,$day,$year)
{
if checkdate($month,$day,$year)  return true;
else return false;
}
?>

– validasi email

<?php
function cekEmail($email)
{
if ereg(“^[a-zA-Z0-9_]+@[a-zA-Z0-9\-]+\.[a-zA-Z0-9\-\.]+$]”,
$email); return true;
else return false;
}
?>


Responses

  1. Wahh pinter main Regular Expression nih..
    Jelasin lebih detail donk..
    nah loe..

  2. Wkwkw, ud lupa makna patternnya. Tp ya sekalian baca- baca lagi. Saya cari aja artinya di internet, dapat penjelasannya di http://www.webcheatsheet.com/php/regular_expressions.php

    Misalnya yang telepon
    diawali ^ dan diakhiri $, bearti string yg ingin dicek tidak diikuti atau mengikuti string lain.
    [0-9] bearti angka 0 sampai 9 diperbolehkan.
    {3,4} bearti angka 0-9 tersebut harus ada 3 atau 4 kali
    {6-8} bearti angka 0-9 tersebut harus ada 6 sampai 8 kali
    (\-) bearti – diperbolehkan

    yg email
    [a-zA-Z0-9_] bearti semua huruf besar / kecil, semua angka dan tanda _ diperbolehkan
    + artinya [a-zA-Z0-9_]nya harus ada minimal 1 kali.

    Mungkin kurang lengkap penjelasannya. Mungkin lebih jelasnya bro bs baca sendiri, walaupun saya ga percaya bro ngga ngerti. Jangan- jangan cuma ngetes nih :p

  3. ck ck ck Qren ^_^ nice posting

  4. ini script disempilin dimana ? gw ga ngerti

    banyakan blogger ngasih tutorial php tp ga ngasih tau sempilin scriptnya dimana, supaya mudah modifikasi sendiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: