Oleh: denysutani | September 23, 2008

Tipe otot dalam tubuh

Di dalam tubuh kita ada 3 jenis otot yaitu
– otot halus : otot yang terdapat di organ kita
– otot jantung : otot yang terdapat di organ jantung
– otot rangka : otot yang berfungsi untuk menggerakan tulang dan melindungi kerangka. Otot rangka inilah yang dapat kita latih untuk menjadi lebih kuat dan besar

Otot rangka ini memiliki sifat sebagai berikut
– cepat lelah
– kontraksi berlangsung cepat

Contoh- contoh otot rangka
– dada : pectoralis major, pectoralis minor
– bahu : deltoid, trapezius
– perut : rectus abdominis, obligue
– lengan : bicep, tricep, forearm
– punggung : lattisimus dorsi
dll

Dalam otot terdapat 3 komposisi yaitu
– otot merah : serabut otot yang tahan lama, banyak oksigen, kuat untuk repetisi yang banyak namun dengan intensitas rendah
– otot putih : serabut otot yang mudah lelah, sedikit oksigen, explosif
– otot abu- abu : gabungan otot merah dan putih

Jika kita memiliki otot putih lebih banyak, maka saat latihan lebih baik mengunakan repetisi yang sedikit namun dengan beban yang berat, sebaliknya jika kita memiliki otot merah lebih banyak, maka saat latihan lebih baik mengunakan repetisi yang cukup (6-8) namun dengan beban yang ringan.

Sumber :
http://www.fitnessindonesia.com/info/jenisotot.htm
http://www.bodybuilding.com/fun/drryan3.htm


Responses

  1. bgmn crx mengetahui klau tubuh kita lbh bnyk otot merahnya daripada otot putihx? thx…

    • Buat saya sih caranya simple aja, anda lebih kuat ngangkat beras 20kg atau lari 20km ?? Jika lebih kuat ngangkat bearti otot putih, sebaliknya bearti otot merah.
      Cara kedua adalah liat seberapa cepat otot anda terbentuk, misalnya saya cuma butuh 3 bln untuk menjadi “lumayan berbentuk” dari awalnya ceking. Kl seperti saya bearti otot putih anda lebih dominan.

  2. Adakah cara membuat otot merah menjadi lebih dominan . . . ??

    • ada. tingkatkan ativitas latian beban anda karena komposisi serabut otot bs ber konversi sesuai dgn latian yg kita lakukan.

  3. Bagaimana pola latihan agar tidak menciderai otot? Apa itu istilah endomorf/ektomorf (maaf bila saya salah) dan bagaimana kita memahami yang manakah karakteristik otot tubuh kita itu,endomorf-kah misalnya? Adakah korelasinya dengan pola latihan ototnya?

    Terima kasih…

    • Hi Herry,

      Sebenarnya pas kita latian, tujuannya memang untuk “menciderai” atau melukai otot. Otot dapat membesar ketika terjadi pemulihan. Namun perlu dijaga agar tidak terlalu lelah ototnya karena recoverynya malah terlalu lama.

      Betul, ada beberapa 3 tipe tubuh
      – ectomorph : biasanya yg bentuk tubuhnya kurus, susah gemuk karena metabolisme sangat cepat, susah untuk menambah massa otot. Untuk ini sebaiknya latihan difokuskan ke otot besar
      – endomorph : kebalikan ectomorph, metabolisme lambat sehingga mudah gemuk. Selain latian otot, disarankan jg melakukan cardio
      – mesomorph : ini yg baik, mudah untuk menambah massa otot dan metabolismenya ckup. Lebih mudah menambah otot dibanding ectomorph, namun jg lebih mudah menambah lemak dibanding ectomorph, jd harus dijaga asupan kalorinya.

      Semoga membantu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: