Oleh: denysutani | November 9, 2008

DES

Algoritma ini merupakan algoritma yang dikembangkan oleh IBM. Algoritma ini menggunakan 56bit kunci untuk enchiper/ dechiper sebuah 64bit data blok. Kunci ini selalu direpresentasikan sebagai 64bit blok dan setiap bit ke 8 akan dibuang.

Algoritma ini sangat cocok untuk diterapkan di perangkat keras, walaupun penggunaannya di perangkat lunak juga dimungkinkan, namun terdapat perbedaan kecepatan yang cukup signifikan. Namun seiring perkembangan komputer yang begitu cepat, implementasi di perangkat lunak dapat dipercepat prosesnya.

DES merupakan algoritma yang sangat umum digunakan di dunia, meskipun banyak yang menyatakan bahwa kunci yang digunakan terlalu pendek, karena DES hanya menggunakan kunci sepanjang 56bit, sedangkan algoritma lain seperti blowfish mampun menggunakan kunci sepanjang 448bit. Namun menurut percobaan yang dilakukan untuk mengetahui kunci yang digunakan dalam algoritma ini dibutuhkan sekitar 12 jam jika menggunakan 1.000.000 komputer yang berkecepatan 1.000.000 kunci per detiknya.

Untuk single DES memerlukan waktu sekian lama dan dengan sumber daya yang begitu besar. Namun untuk semakin meningkatkan keamanan maka dibuatlah teknik baru yaitu tripe DES. Teknik ini sama dengan teknik single DES, hanya saja kunci yang digunakan ada tiga buah.

Prosesnya adalah sebagai berikut
– pertama- tama dilakukan proses enkripsi, yaitu pengubahan teks biasa menjadi teks yang terenkripsi. Proses ini sama dengan proses standar kriptografi namun dalam proses ini dilakukan 3 buah kegiatan dan 3 buah kunci yaitu enkripsi dengan kunci pertama, dekripsi dengan kunci kedua dan terakhir enkripsi kembali dengan kunci ketiga.
– kedua dilakukan proses kebalikannya dari proses pertama yaitu dekripsi dengan cara dekripsi dengan kunci ketiga, enkripsi dengan kunci kedua dan dekripsi dengan kunci ketiga.

Berikut adalah gambar proses enkripsi dengan algoritma triple DES.
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

QuickPost Quickpost this image to Myspace, Digg, Facebook, and others!


Responses

  1. Mantap. ini dia konsep tripleDES yang sebenarnya. Ada lagi maz algoritma enkripsi yg masih belum ak ngerti betul. Algoritma yg menggunakan public key dan private key. Kalo gak salah namanya RSA algorithm.
    Kok bisa ya?
    Misal si A dan si B punya public n private key masing-2.
    Encrypt(plaintext, pv_key(A))->ciphertext_1;
    Encrypt(ciphertext_1, pb_key(B))->ciphertext_2;
    Decrypt(ciphertext_2, pv_key(B))->ciphertext_1;
    Decrypt(ciphertext_1, pb_key(A))->plaintext;

  2. Terima kasih. Mengenai algoritma DES dan RSA saya juga baru saja mengerti sejak membuat paper tentang ini. Kebetulan saya baru sempat posting tentang yang DES, nanti secepatnya akan saya posting yang algoritma RSA.

    Btw, virus bungas kalo benar akan menggunakan triple DES, bisa dihitung berapa lama dekripsinya. ^^

  3. Lumayan lama, kurang dr 30 detik udah muncul screen bungasnya, tp penyebarannya mungkin yg agak lama, coz filenya tambah gede. Tp cuma experimen, gak disebarkan, udah pensiun. Experimennya membuahkan karya sederhana, vbscript encryptor. Bs diliat diblog sy.😀

  4. mas…
    punya listing program untuk buat enkripsi dengan DES gak>??

    • @ nissadwi : Pake program apa y??

  5. Punya listing source code program enkripsi DES? pakeke VB. bls

  6. terimakasih sekali,,,artikel yg sgt bermanfaat,,,
    sangat membangu dalam pengerjaan tugas pretest praktikum saya,,:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: