Oleh: denysutani | Desember 17, 2008

Koneksi database JSP ke Microsoft Access

Sebuah aplikasi web sepertinya mustahil tanpa sebuah database. Jadi sangat penting untuk mengetahui cara untuk mengkoneksikan dari website ke database yang ada.

Berikut adalah codenya dengan database db.mdb yang berada di folder WEB-INF dan berada 1 folder dengan applikasi yang ada.

Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
String url = “jdbc:odbc:driver={Microsoft Access Driver(*.mdb)};DBQ=”+application.getRealPath(“/WEB-INF/db.mdb”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);
Statement statement = con.createStatement();

Setelah koneksi berhasil, barulah kita dapat melakukan query di JSP.

Berikut contohnya
statement.executeQuery(“select * from employee”);
statement.executeUpdate(“delete from employee where id = 1”);
statement.executeUpdate(“update employee set nama = ‘deny’ where id = 1”);

Semoga bermanfaat


Responses

  1. […] bookmarks tagged database Koneksi database JSP ke Microsoft Access saved by 4 others     Olivia230 bookmarked on 12/16/08 | […]

  2. gw gak bisa.. u bisa tolong gw gak.. errornya ky gini :

    HTTP Status 500 –

    type Exception report

    message

    description The server encountered an internal error () that prevented it from fulfilling this request.

    exception

    org.apache.jasper.JasperException: An exception occurred processing JSP page /jawab4/konek.jsp at line 10

    7: */
    8:
    9: Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
    10: Connection con = DriverManager.getConnection(“jdbc:odbc:driver={Microsoft Access Driver (*.mdb)};DBQ=” + application.getRealPath(“WEB-INF/data.mdb”));
    11: Statement stmt = con.createStatement(1004,1008);
    12:
    13: %>

    Stacktrace:
    org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.handleJspException(JspServletWrapper.java:505)
    org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.service(JspServletWrapper.java:398)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.serviceJspFile(JspServlet.java:342)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.service(JspServlet.java:267)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:717)
    root cause

    javax.servlet.ServletException: java.sql.SQLException: [Microsoft][ODBC Microsoft Access Driver] Could not find file ‘(unknown)’.
    org.apache.jasper.runtime.PageContextImpl.doHandlePageException(PageContextImpl.java:852)
    org.apache.jasper.runtime.PageContextImpl.handlePageException(PageContextImpl.java:781)
    org.apache.jsp.jawab4.dologin_jsp._jspService(dologin_jsp.java:116)
    org.apache.jasper.runtime.HttpJspBase.service(HttpJspBase.java:70)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:717)
    org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.service(JspServletWrapper.java:374)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.serviceJspFile(JspServlet.java:342)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.service(JspServlet.java:267)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:717)
    root cause

    java.sql.SQLException: [Microsoft][ODBC Microsoft Access Driver] Could not find file ‘(unknown)’.
    sun.jdbc.odbc.JdbcOdbc.createSQLException(Unknown Source)
    sun.jdbc.odbc.JdbcOdbc.standardError(Unknown Source)
    sun.jdbc.odbc.JdbcOdbc.SQLDriverConnect(Unknown Source)
    sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcConnection.initialize(Unknown Source)
    sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver.connect(Unknown Source)
    java.sql.DriverManager.getConnection(Unknown Source)
    java.sql.DriverManager.getConnection(Unknown Source)
    org.apache.jsp.jawab4.dologin_jsp._jspService(dologin_jsp.java:70)
    org.apache.jasper.runtime.HttpJspBase.service(HttpJspBase.java:70)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:717)
    org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.service(JspServletWrapper.java:374)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.serviceJspFile(JspServlet.java:342)
    org.apache.jasper.servlet.JspServlet.service(JspServlet.java:267)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:717)
    note The full stack trace of the root cause is available in the Apache Tomcat/6.0.18 logs.

  3. @ Yosep : data.mdbnya sudah ada? Sudah diletakkan di folder yang benar?

  4. ketemu lagi nih yg se masalah ma gw,
    yosep kita senasib…
    blm ada solusi nih…

    • Maap, untuk koneksi JSP ke DB2 blm ketemu caranya. Kamis ini harusnya sudah ketemu, karena mau ga mau harus mencari caranya ^^. Secepatnya akan saya share disini. Maap y, skripsi bener- bener menyita waktu.

  5. ohh disini discussnya…iya gmn nih koneksi jsp k db2?

    @yosep n silahkan : data.mdb nya dah masuk k dlm folder WEB-INF blon?

  6. kalo insert tapi dari text field melalui button gimana caranya?

  7. Mas Deny, maaf mungkin agak lain topiknya tapi masih mengenai ODBC.
    Kalau ada pesan :
    fQryDbase:
    [Microsoft][ODBC Microsoft Access Driver] Uknown

    itu kenapa yach…..puyeng nich
    Please help
    Thanks

  8. minta tolong dunk yang lebih terperinci cara koneksinya….
    baru belajar database soalnya ga begitu ngerti….
    cuma bikin buku tamu trus di simpan otomatis ke access……..
    makasihhhhh……

  9. hehheeee…….Ok juga ini

  10. Mas Deny, maaf mungkin agak lain topiknya tapi masih mengenai ODBC.
    Kalau ada pesan :
    fQryDbase:
    [Microsoft][ODBC Microsoft Access Driver] Uknown

    itu kenapa yach…..puyeng nich
    Please help
    Thanks

    • Blm pernah mengalami hal ini, namun mungkin saja versi atau tipe ODBC yang dibutuhkan berbeda. Saya pernah mencoba untuk melakukan koneksi ke Teradata dan dia memiliki driver ODBC sendiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: