Oleh: denysutani | Mei 16, 2009

DB2 9.7 alias Cobra

Software baru IBM dapat menyelamatkan kesehatan client, dan perusahaan-perusahaan lainnya, sebanyak 75% dari biaya yang berhubungan dengan storage (penyimpanan) seperti biaya energi. Tapi apa yang menjadi perhatian rumah sakit adalah kemampuan untuk meningkatkan efektivitas dari perawatan medis dengan men-tracking pola pasien dan trend.
Pusat Medis UCLA (University of California at Los Angeles) menyimpan semua data pasien secara on-line. Pusat ini menggunakan fitur baru pada akses-awal versi IBM DB2 9.7 data server untuk mengembangkan tiga aplikasi klinikal yang memungkinkan analisa dan pemahaman yang lebih baik terhadap pola dan trend antara pasien dengan gejala-gejala atau penyakit yang sama.

UCLA telah menyimpan record medisnya secara elektronik sejak dirilisnya DB2 9 pada 2007. IBM DB2 9.7 yang baru memiliki fitur mengurangi ruangan penyimpanan yang
diperlukan sampai dengan 50 persen.
Aplikasi baru tidak hanya akan menghemat uang, tetapi akan membantu rumah sakit untuk lebih efektif menangani penyakit pasien dengan harapan menyelamatkan lebih banyak jiwa — tolok ukur dasar yang lain dalam mengukur kesuksesan rumah sakit.

Menjembatani Gap
Teknologi baru juga membantu menjembatani gap antara riset medis dan praktikal. BJC Healthcare, berbasis di St. Louis, Missouri, menggunakan DB2 untuk membantu organisasi dan sekolah medisnya membuat transisi dari pengumpulan data untuk riset medis secara manual menjadi elektronik.

Menggunakan DB2, waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan informasi ini telah dikurangi dari hitungan bulan sampai hanya hitungan jam atau menit. BJC Healthcare sekarang dapat menjalankan query yang kompleks di atas sekumpulan data yang sangat besar, menganalisa hasilnya dan menyediakan akses kepada peneliti (researcher) mengenai detail record medis pasien. Dengan intelijensi yang baru ini, DB2 dapat mengidentifikasi pasien yang memenuhi kriteria untuk pembelajaran klinis dan mengatur perawatan-perawatan sesuai kebutuhan.

IBM DB2 9.7 dan InfoSphere Warehouse 9.7 Enterprise Edition (powered by DB2 9.7) dapat menyediakan penghematan yang lumayan besar untuk klien dengan fitur workload management dan autonomic computing yang meningkatkan performance dari aplikasi dengan prioritas tinggi. Seorang staff IT Klien dapat lebih efisien dalam mengatur pertumbuhan data untuk menghemat sampai 35% pada tugas-tugas yang bersifat administratif.

Perusahaan yang telah berpartisipasi dalam IBM’s Early Access Program telah menandai penghematan waktu yang signifikan ketika menggunakan aplikasi versi terakhir dari DB2 menggunakan teknologi EnterpriseDB.

Paolo Juvara, CTO dari Openbravo, sebuah perusahaan Developer (pengembang) solusi ERP berbasis Web dan Partner Bisnis IBM, mengatakan: “Untuk berpindah dari aplikasi non-DB2 ke versi DB2 versi sebelumnya akan memerlukan paling sedikit 2 tahun. Sangat menakjubkan karena untuk memindahkannya ke DB2 versi baru hanya memerlukan 1 minggu saja.”
Sumber
http://www.facebook.com/notes.php?id=86475836162#/note.php?note_id=91774874232


Responses

  1. mas denny, db2 rame gak sih dpake sama perusahaan di indonesia? gw mau coba belajar, tapi takutnya nggak terlalu bagus lahan untuk database db2.

  2. Untuk sekarang pengguna DB2 di Indonesia lebih sedikit dibandingkan Oracle dan SQL Server. Hal ini kemungkinan disebabkan yang bisa DB2 sendiri juga sedikit. Jika diadu secara produk DB2 memang lebih unggul, namun kembali lagi ke masalah sumber daya manusianya.

    Jadi jika anda ingin mendalaminya saya rasa tidak masalah juga. Seandainya banyak orang yang bs menguasai DB2, maka perusahaan akan melirik DB2 untuk digunakan.

    Lagipula, dengan masih sedikitnya yg bs DB2 tentunya akan membawa kelebihan sendiri bagi anda jika menguasainya.😀

  3. wow…kelebihan db2 dari DBMS yg lain sebenarnya apa ya? >,<
    maklum baru pemula bangget…slain yg berpindah dari sistem yg tadinya ga pake db2 ke db2 tentunya

  4. Beberapa kelebihan DB2
    – multi platform, bs di Windows, Linux dan Unix, Mac juga bs, serta di OS sperti z/OS
    – hemat storage karena ada deep compression
    – stabil, reliable dll

  5. bg deny kalo boleh tau siapa penemu db-2 dan versi terbarunya apa ya ?
    tolong donk soalnya penasaran dicari-2 gk ketemu tolong ya, ni alamat FB ku tlg ya makasi cancerbilly@yahoo.co.id

    • Versi terbaru dari DB2 adalah 9.8. Sama persis dengan DB2 9.7 namun dengan fitur pure scale

  6. Saya sudah memindahkan aplikasi di sebuah rumah sakit menjadi DB/2 ver 9.7. Tapi masih untuk application database, kalau berjalan lancar seluruh database akan dipindahkan ke ver 9.7

  7. versi mac nya baru beta utk yg versi 9.5.2, bisa cek di http://www-01.ibm.com/software/data/db2/express/download.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: