Oleh: denysutani | September 10, 2010

DB2 error shared memory

Suatu hari, ketika menjalankan perintah db2start, saya mendapatkan error berikut
DB2 : The service has returned a service-specific error code.
SQL1220N The database manager shared memory set cannot be allocated.


Perkiraan pertama adalah memory yang ada tidak mencukupi, dan ketika melihat task manager, CPUnya mencapai 100%. Oleh karena itu saya melakukan restart komputer. Setelah melakukan restart, ketika menjalankan perintah db2start kembali, saya mendapatkan error yang sama.

Setelah itu, saya mencoba untuk melihat parameter yang ada di dbm cfg. Di dbm cfg ada sebuah parameter bernama INSTANCE_MEMORY. Ketika saya lihat valuenya adalah 524288. Jika dihitung maka sebuah instance membutuhkan memory sebesar 524288*4KB = 2048MB = 2GB, padahal kapasitas memory yang ada hanya 2GB.

Oleh karena itu, dengan mengubah INSTANCE_MEMORY menjadi lebih kecil maka db2start dapat berjalan.

db2 update dbm cfg using INSTANCE_MEMORY 125000, sehingga db2 hanya membutuhkan sekitar 500MB.


Semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Kategori

